Tutor Belajar Adobe Dreamwaver CS5 – Bagian 1


1. Pelajari tentang situs Dreamweaver
Dalam Dreamweaver, situs mengatur pada komputer lokal Anda semua dokumen yang berhubungan dengan website Anda dan memungkinkan Anda melacak dan menjaga hubungan, mengatur file, berbagi file, dan mentransfer file situs Anda ke web server. Pikirkan situs Dreamweaver Anda sebagai “ember” yang berisi semua file dan aset untuk website Anda.
Sebuah situs Dreamweaver khas memiliki setidaknya dua bagian:
  • Folder lokal: Ini adalah direktori kerja Anda. Dreamweaver mengacu pada folder ini sebagai situs lokal Anda. Folder lokal biasanya folder pada hard drive Anda.
  • Folder jauh: Ini adalah tempat Anda menyimpan file Anda di komputer yang menjalankan server web Anda. Komputer yang menjalankan web server sering kali tidak komputer yang membuat situs Anda tersedia untuk umum di web.
Dalam beberapa situasi, Anda mungkin memiliki lebih dari satu folder jauh. Sebagai contoh, jika Anda bekerja di lingkungan tim, semua anggota tim bisa meng-upload file mereka ke server pengujian umum sebelum mereka ditempatkan di situs hidup. Juga, itu normal untuk menyiapkan server pengujian ketika mengembangkan website yang menggunakan teknologi server-side, seperti Adobe ColdFusion atau PHP. Setup situs proses dalam Dreamweaver CS5 telah diubah untuk memungkinkan Anda untuk menentukan server remote dan beberapa pengujian.
Alasan lain untuk perubahan adalah untuk menyederhanakan proses mendefinisikan situs di Dreamweaver CS5. Yang perlu Anda lakukan untuk mulai bekerja adalah untuk memberikan situs Anda nama, dan memberitahu Dreamweaver dimana Anda ingin menyimpan file pada komputer lokal Anda. Dreamweaver CS5 secara otomatis meminta Anda untuk informasi lebih lanjut tentang setup situs hanya ketika dibutuhkan. 

  
Untuk informasi lebih lanjut tentang situs Dreamweaver pada umumnya, lihat Bekerja dengan situs Dreamweaver


Download : Adobe Dreamwaver CS6 Trial





2. Mengatur file proyek Anda
Bila Anda membuat sebuah situs lokal, Anda dapat menempatkan aset gambar yang ada atau potongan konten  lainnya dalam root folder situs lokal folder utama untuk situs. Dengan begitu ketika Anda menambahkan konten ke halaman Anda, aset yang ada dan siap untuk Anda gunakan.
File sampel termasuk dalam file ZIP Download mengandung aset untuk website sampel Anda akan membangun dalam seri tutorial. Langkah pertama adalah untuk menyalin file sampel ke folder yang sesuai pada hard drive Anda:
  1. Tentukan di mana Anda ingin menyimpan file website Anda pada hard drive Anda. Folder dapat di mana saja di komputer Anda, tetapi semakin sedikit terkubur itu adalah mudah untuk menemukan kemudian. Sebagai contoh:
    • Windows C: \ Situs
    • Mac OS X folder rumah Anda sudah termasuk sebuah folder bernama Situs.
  2. Download dan unzip file contoh first_website_pt1.zip dari link di bagian atas halaman ini jika Anda belum melakukannya.
  3. Salin folder check_cs5 ke folder Sites.
Folder check_cs5 adalah folder yang akan Anda gunakan sebagai folder root folder utama untuk situs Dreamweaver Anda. 
Catatan: root folder lokal dari situs Dreamweaver Anda biasanya folder utama atau tingkat atas untuk website Anda. Biasanya sesuai dengan folder bernama public_html, www, atau wwwroot di server jauh Anda. Misalnya, jika Anda memiliki website di http://www.example.com, dan memiliki sebuah file yang bernama news.html dalam folder root, URL-nya adalah http://www.example.com/news.html. Praktek normal adalah untuk memberikan root folder lokal Anda nama yang sama dengan website tanpa domain tingkat atas seperti com atau.. Org. Sebagai contoh, saya menyimpan file untuk website saya di http://foundationphp.com dalam sebuah folder bernama foundationphppada hard drive lokal saya. 
3. Menetapkan folder situs lokal 
Anda harus menetapkan folder situs Dreamweaver lokal untuk setiap situs web baru Anda buat. Dreamweaver perlu tahu mana file situs Anda adalah untuk membuat semua link internal dengan benar, dan memperbarui mereka ketika Anda memindahkan file ke lokasi yang berbeda dalam situs Anda.
Selanjutnya, mendirikan situs untuk seri tutorial dan definisikan sebagai folder situs lokal folder check_cs5 Anda disalin ke folder Situs Anda:
  1. Mulai Dreamweaver dan pilih Site> New Site. Setup Situs kotak dialog muncul. CS5.5 pengguna harus memilih Situs Dreamweaver bawah judul Buat Baru.
  2. Pada kotak Nama Situs teks, masukkan Periksa Majalah sebagai nama situs. Nama ini digunakan secara internal oleh Dreamweaver untuk mengidentifikasi situs. Tidak masalah jika mengandung spasi.
  3. Klik icon folder di sebelah kotak teks Site Map Lokal untuk melihat isi dan pilih folder check_cs5.
Setup Situs kotak dialog sekarang harus terlihat seperti Gambar 1. 
                                   Gambar 1. Mendefinisikan folder situs lokal untuk situs Majalah Check.

Catatan: path file mungkin berbeda, tergantung di mana Anda buat folder Sites pada hard drive Anda.

4.    Klik Simpan. Itu saja!

Files panel dalam Dreamweaver sekarang menampilkan root folder lokal baru untuk situs Anda saat ini (lihat Gambar 2). Daftar file di panel Files bertindak sebagai file manager, memungkinkan Anda untuk menyalin, paste, menghapus, memindahkan, dan membuka file seperti yang Anda lakukan pada desktop.

                                   Gambar 2. Daftar file di panel Files

Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana panel Files bekerja, lihat Bekerja dengan file di panel Files di Bantuan Dreamweaver.
Anda sekarang telah didefinisikan folder situs lokal untuk situs Majalah Check. Ini adalah tempat Anda menyimpan copy pekerjaan dari halaman web pada komputer lokal Anda. Kemudian, jika Anda ingin mempublikasikan halaman Anda dan membuat mereka tersedia untuk publik, Anda harus menentukan folder-remote tempat pada komputer remote, menjalankan web server yang akan memegang salinan diterbitkan dari file lokal Anda. Anda akan belajar bagaimana melakukan hal itu dalam bagian 6 dari seri tutorial.

Mana harus pergi dari sini

Sekarang bahwa Anda telah selesai mendefinisikan situs Anda, Anda dapat mulai membangun halaman web Anda dengan mengikuti Bagian 2 di seri ini, Menciptakantata letak halaman

Catatan: Ini seri tutorial ini ditujukan untuk penggunaan dengan Dreamweaver CS5/CS5.5. Jika Anda menggunakan versi sebelumnya dari Dreamweaver, beberapa fitur mungkin berbeda dalam jendela dokumen dan kotak dialog. Menu Bar sigap digunakan dalam Bagian 5 membutuhkan Dreamweaver CS3 atau lambat.
Posted in Tak Berkategori